PERAN DAN FUNGSI KOMUNIKASI
Istilah komunikasi
atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin communis yang berarti “sama”, communico,
communicatio, atau communicare yang
berarti “membuat sama” (to make common). Istilah pertama (communis)
paling sering disebut sebagai asal kata komunikkasi, yang merupakan akar dari
kata-kata Latin lainnya yang mirip. Kata lain yang mirip dengan komunikasi
adalah komunitas (community) yang juga menekankan kesamaan atau
kebersamaan. Komunitas adalah sekelompok orang yang berkumpul atau hidup
bersama untuk mencapai tujuan tertentu, dan mereka berbagi makna dan sikap.
Tanpa komunikasi tidak akan ada komunitas. Komunitas bergantung pada pengalaman dan emosi bersama, dan komunikasi
berperan dan menjelaskan kebersamaan itu.
Berbicara tentang
definisi komunikasi, tidak ada definisi yang benar ataupun yang salah. Seperti
juga model atau teori, definisi harus dilihat dari kemanfaatannya untuk
menjelaskan fenomena yang didefinisikan dan mengevaluasinya. Menurut Carl I.
Hovland, komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator)
menyampaikan rangsangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah
perilaku orang lain (komunikan). Sedangkan menurut Harold Lasswell, cara
terbaik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan
berikut, who says what in which channel to whom with what effect (siapa
mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dengan pengaruh bagaimana?).
Berdasarkan
definisi Lasswell ini dapat diturunkan lima unsur komunikasi yang saling
bergantung satu sama lain, yaitu: Pertama, sumber (source), adalah pihak
yang berinisiatif atau mempunyai kepentingan untuk berkomunikasi. Kedua, pesan
(message), yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima.
Ketiga, saluran (channel), yaitu alat atau wahana yang digunakan sumber
untuk menyampaikan pesannya kepada
penerima. Keempat, ppenerima (receiver), yaitu orang yang menerima pesan
dari sumber. Kelima, efek (effect), yaitu pa yang terjadi pada penerima
setelah ia menerima pesan tersebut.
Mengapa kita
berkomunikasi? Apakah fungsi komunikasi bagi manusia? Pertanyaan ini begitu
luas, bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, sehingga tidak mudah kita
jawab. Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan oleh para pakar, mereka mengemukakan fungsi-fungsi yang berbeda,
meskipun adakalanya terdapat kesamaan dan tumpang tindih diantara berbagai
pendapat tersebut.
Thommas M. Scheidel mengemukakan
bahwa kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri,
untuk membangun kontak sosial dengan orang di sekitar kita, dan untuk
mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang
kita inginkan.
Rudolph F. Verderber mengemukakan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi. Pertama, fungsi sosial, yakni untuk
tujuan kesenangan, untuk menunjukkan ikatan dengan orang lain, membangun dan
memelihara hubungan. Kedua, fungsi pengambilan keputusan, yakni
memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu.
Lain halnya dengan Willian I. Gorden, ia mengemukakan bahwa
komunikasi memiliki empat fungsi yang sangat vital, yaitu:
· Komuniasi
Sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya
mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita,
aktualisasi diri, untuk kelangsungan hiduup, untuk memperoleh kebahagiaan,
terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang
menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita
bekerja sama dengan anggota masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.
Konsep diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita, itu
hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
Konsep diri yang paling dini umumnya dipengaruhi oleh keluarga, dan orang-orang
dekat lainnya di sekitar kita, termasuk kerabat. Proses konseptualisasi diri
ini berlangsung sepanjang hayat kita. Konsep diri kita tidak pernah terisolasi,
melainkan bergantung pada reaksi dan respon oorg lain. Kesan yang orang lain
miliki tentang diri kita dan cara mereka bereaksi terhadap kita sangat
bergantung pada cara kita berkomunikasi dengan mereka, termasuk cara kita
berbicara dan cara kita berpakaian.
Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang
disebut akutualisasi diri tau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri.
Fungsi komunikasi sebagai eksistensi diri sering terlihat pada uraian penanya
dalam seminar. Meskipun penanya sudah diperingatkan moderator untuk berbicara
singkat dan langsung ke pokok masalah, penanya atau komentartor itu sering
berbicara panjang lebar, menguliahi hadirin, dengan argumen yang sering tidak
relevan.
Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri. Kita perlu dan harus
berkomunikasi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti
makan dan minum, dan juga kebutuhan psikologis seperti sukses dan bahagia. Para
psikolog berpendapat, kebutuhan utama kita sebagai manusia, dan untuk menjadi
manusia yang sehat secara rohaniah, adalah
kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya bisa terpenuhi
dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Komunikasi dibutuhkan
untuk memperoleh dan memberi informasi yang dibutuhkan untuk membujuk atau
mempengaruhi oang lain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah dan
mengambil keputusan dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan. Komunikasi dalam
konteks apapun adalah bentuk dasar adaptasi terhadap lingkungan.
· Komunikasi
Ekspresif
Erat kaitannya dengan komunikasi sosial adalah komunikasi ekspresif
yang dapat dilakukan baik sendirian ataupun dalam kelompok. Komunikasi
ekspresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain, namun dapat
dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrumen untuk menyampaikan
perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan tersebut dikomunikasikan terutama
melalui pesan-pesan non verbal. Emosi kita juga dapat kita salurkan lewat
bentuk-bentuk seni seperti puisi, novel, musik, tarian, atau lukisan.
· Komunikasi
Ritual
Komunikasi ritual biasanya dilakukan secara kolektif. Suatu
komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dan
sepanjang hidup, yang disebut antropolog sebagai rites of passage, mulai
dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan,
dan lain sebagainya. Dalam acara-acara itu orang mengucapkan kata-kata atau
menampilkan perilaku-perilaku simbolik.
Ritual sering merupakan peristiwa yang sederhana. Seseorang yang
memasuki kelompok baru, terkadang harus menjalani upacara untuk secara resmi
diterima kelompok tersebut. Kegiatan ritual memunngkinkan para pesertanya
berbagi komitmen emosional dan menjadi perekat bagi kepaduan mereka, juga
sebagai pengabdian kepada kelompok. Ritual menciptakan perasaan tertib (a
sense of order) dalam dunia yang tanpanya kacau balau. Ritual memberikan
rasa nyaman akan ketentraman (a sense
of predictability).
Arti pentingnya komunikasi ritual juga tampak pada iklan-iklan
untuk menyampaikan duka cita untuk mengenang seseorang tercinta yang telah
meninnggal bertahun-tahun lalu. Komunikai ritual ini kadang-kadang bersifat
mistik, dan mungkin sulit dipahami orang-orang di luar komunitas tersebut.
Namun, higga kapanpun ritual tampaknya akan tetap menjadi kebutuhan manusia, meskipun
bentuknnya berubah-ubah, demi pemenuhan jati dirinya sebagai individu, sebagai
anggota komunitas sosial, dan sebagai salah satu unsur dari alam semesta.
· Komunikasi
Instrumental
Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum:
menginformasi-kan, mengajar, mendorong, mengubahh sikap dan keyakinan, dan
mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan, dan juga menghibur. Komunikasi
yang berfungsi memberitahukan atau menerangkan (to inform) menganndung
muatan persuasif dalam arti bahwa pembicara menginginkan pendegarnya
memperrcayai fakta atau informasi yang disampaikannya akurat dan layak
diketahui. Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan
dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut.
MAAF SAY NUMPANG PROMO HARGA SPESIAL TERBARU 2015 BERBAGAI MACAN MEREK HENDPHONE>SAMSUNG>BLACKBERRYNOKIA>ASUS>LENOVO>ADVAN>SMARTFREN>OPPO>ACER>TOSHIBA>NIKON>DELL>CANON>XIOMI>DLL TERPERCAYA>100% BEBAS RESIKO BEBAS PENIPUAN (Info Pemesanan)CALL/SMS:085757299675>PIN BBM: (24C4A399) WEB>WWW.NABILA-SAIRA-SHOP.BLOGSPOT.COM
BalasHapus