Kamis, 06 Maret 2014

Peran dan Fungsi Komunikasi


PERAN DAN FUNGSI KOMUNIKASI

            Istilah komunikasi atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin communis  yang berarti “sama”, communico, communicatio, atau  communicare yang berarti “membuat sama” (to make common). Istilah pertama (communis) paling sering disebut sebagai asal kata komunikkasi, yang merupakan akar dari kata-kata Latin lainnya yang mirip. Kata lain yang mirip dengan komunikasi adalah komunitas (community) yang juga menekankan kesamaan atau kebersamaan. Komunitas adalah sekelompok orang yang berkumpul atau hidup bersama untuk mencapai tujuan tertentu, dan mereka berbagi makna dan sikap. Tanpa komunikasi tidak akan ada komunitas. Komunitas bergantung pada  pengalaman dan emosi bersama, dan komunikasi berperan dan menjelaskan kebersamaan itu.
            Berbicara tentang definisi komunikasi, tidak ada definisi yang benar ataupun yang salah. Seperti juga model atau teori, definisi harus dilihat dari kemanfaatannya untuk menjelaskan fenomena yang didefinisikan dan mengevaluasinya. Menurut Carl I. Hovland, komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan). Sedangkan menurut Harold Lasswell, cara terbaik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan berikut, who says what in which channel to whom with what effect (siapa mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dengan pengaruh bagaimana?).
            Berdasarkan definisi Lasswell ini dapat diturunkan lima unsur komunikasi yang saling bergantung satu sama lain, yaitu: Pertama, sumber (source), adalah pihak yang berinisiatif atau mempunyai kepentingan untuk berkomunikasi. Kedua, pesan (message), yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Ketiga, saluran (channel), yaitu alat atau wahana yang digunakan sumber untuk menyampaikan  pesannya kepada penerima. Keempat, ppenerima (receiver), yaitu orang yang menerima pesan dari sumber. Kelima, efek (effect), yaitu pa yang terjadi pada penerima setelah ia menerima pesan tersebut.
            Mengapa kita berkomunikasi? Apakah fungsi komunikasi bagi manusia? Pertanyaan ini begitu luas, bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, sehingga tidak mudah kita jawab. Berdasarkan  pengamatan yang dilakukan oleh para pakar, mereka mengemukakan fungsi-fungsi yang berbeda, meskipun adakalanya terdapat kesamaan dan tumpang tindih diantara berbagai pendapat tersebut.
Thommas M. Scheidel  mengemukakan bahwa kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang di sekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang kita inginkan.
Rudolph F. Verderber mengemukakan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi.  Pertama, fungsi sosial, yakni untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukkan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan. Kedua, fungsi pengambilan keputusan, yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu.
Lain halnya dengan Willian I. Gorden, ia mengemukakan bahwa komunikasi memiliki empat fungsi yang sangat vital, yaitu:
·      Komuniasi Sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hiduup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.
Konsep diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita, itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Konsep diri yang paling dini umumnya dipengaruhi oleh keluarga, dan orang-orang dekat lainnya di sekitar kita, termasuk kerabat. Proses konseptualisasi diri ini berlangsung sepanjang hayat kita. Konsep diri kita tidak pernah terisolasi, melainkan bergantung pada reaksi dan respon oorg lain. Kesan yang orang lain miliki tentang diri kita dan cara mereka bereaksi terhadap kita sangat bergantung pada cara kita berkomunikasi dengan mereka, termasuk cara kita berbicara dan cara kita berpakaian.
Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut akutualisasi diri tau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri. Fungsi komunikasi sebagai eksistensi diri sering terlihat pada uraian penanya dalam seminar. Meskipun penanya sudah diperingatkan moderator untuk berbicara singkat dan langsung ke pokok masalah, penanya atau komentartor itu sering berbicara panjang lebar, menguliahi hadirin, dengan argumen yang sering tidak relevan.
Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan juga kebutuhan psikologis seperti sukses dan bahagia. Para psikolog berpendapat, kebutuhan utama kita sebagai manusia, dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohaniah, adalah  kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya bisa terpenuhi dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh dan memberi informasi yang dibutuhkan untuk membujuk atau mempengaruhi oang lain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah dan mengambil keputusan dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan. Komunikasi dalam konteks apapun adalah bentuk dasar adaptasi terhadap lingkungan.
·      Komunikasi Ekspresif
Erat kaitannya dengan komunikasi sosial adalah komunikasi ekspresif yang dapat dilakukan baik sendirian ataupun dalam kelompok. Komunikasi ekspresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain, namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrumen untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan tersebut dikomunikasikan terutama melalui pesan-pesan non verbal. Emosi kita juga dapat kita salurkan lewat bentuk-bentuk seni seperti puisi, novel, musik, tarian, atau lukisan.
·      Komunikasi Ritual
Komunikasi ritual biasanya dilakukan secara kolektif. Suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dan sepanjang hidup, yang disebut antropolog sebagai rites of passage, mulai dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan, dan lain sebagainya. Dalam acara-acara itu orang mengucapkan kata-kata atau menampilkan perilaku-perilaku simbolik.
Ritual sering merupakan peristiwa yang sederhana. Seseorang yang memasuki kelompok baru, terkadang harus menjalani upacara untuk secara resmi diterima kelompok tersebut. Kegiatan ritual memunngkinkan para pesertanya berbagi komitmen emosional dan menjadi perekat bagi kepaduan mereka, juga sebagai pengabdian kepada kelompok. Ritual menciptakan perasaan tertib (a sense of order) dalam dunia yang tanpanya kacau balau. Ritual memberikan rasa nyaman akan ketentraman (a  sense of predictability).
Arti pentingnya komunikasi ritual juga tampak pada iklan-iklan untuk menyampaikan duka cita untuk mengenang seseorang tercinta yang telah meninnggal bertahun-tahun lalu. Komunikai ritual ini kadang-kadang bersifat mistik, dan mungkin sulit dipahami orang-orang di luar komunitas tersebut. Namun, higga kapanpun ritual tampaknya akan tetap menjadi kebutuhan manusia, meskipun bentuknnya berubah-ubah, demi pemenuhan jati dirinya sebagai individu, sebagai anggota komunitas sosial, dan sebagai salah satu unsur dari alam semesta.
·      Komunikasi Instrumental
Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum: menginformasi-kan, mengajar, mendorong, mengubahh sikap dan keyakinan, dan mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan, dan juga menghibur. Komunikasi yang berfungsi memberitahukan atau menerangkan (to inform) menganndung muatan persuasif dalam arti bahwa pembicara menginginkan pendegarnya memperrcayai fakta atau informasi yang disampaikannya akurat dan layak diketahui. Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut.


1 komentar:

  1. MAAF SAY NUMPANG PROMO HARGA SPESIAL TERBARU 2015 BERBAGAI MACAN MEREK HENDPHONE>SAMSUNG>BLACKBERRYNOKIA>ASUS>LENOVO>ADVAN>SMARTFREN>OPPO>ACER>TOSHIBA>NIKON>DELL>CANON>XIOMI>DLL TERPERCAYA>100% BEBAS RESIKO BEBAS PENIPUAN (Info Pemesanan)CALL/SMS:085757299675>PIN BBM: (24C4A399) WEB>WWW.NABILA-SAIRA-SHOP.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus